Tips & Tricks PLUS MINUS UMKM EKSIS DI CHANNEL MARKETING Supaya Gak Overthinking
Tips & Tricks PLUS MINUS UMKM EKSIS DI CHANNEL MARKETING Supaya Gak Overthinking
- Pertanyaan Dari DM & Today’s Mantra
- The Landscape
- First Mile, Mid Miles, Last Miles
- Volume, Value, Voices
- Connect, Conversations, Conversions
- QNA
2. The Landscape
Sebagai pengusaha kita harus menentukan mulai dari siapakah konsumen atau target market dan berpindah ke target audience yang akan memakai barang atau jasa. Baru kita lihat kalau di target market ini, konsumennya membeli produk dari mana, datangnya kemana. Dari situlah baru kita pilih channel yang digunakan apa. Goals kita sebagai pengusaha harus berpikir bahwa 80% produk sell out.
3. First Mile, Mid Miles, Last Miles
First mile adalah perjalanan produk dari pabrik dikirim ke gudang utama. Mid miles adalah distribusi produk dari gudang utama dikirim ke masing-masing distributor, agen, grosir, atau reseller. Last mile adalah pengiriman produk ke konsumen langsung ataupun ke toko-toko di sekelilingnya.
4. Volume, Value, Voices
Setiap channel punya fungsi tersendiri. Ada Volume, channel yang digunakan untuk mendapatkan “Volume Besar” dalam satu periode tertentu. Selanjutnya Value, channel yang digunakan untuk mendapatkan “Value” dalam satu periode tertentu. Terakhir ada Voices, channel yang digunakan untuk mendapatkan “Voices” dalam satu periode tertentu.
5. Connect, Conversations, Conversions
Marketing “Bring More Traffic As Much As We Can” tugasnya sebanyak-banyaknya membuat konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang disediakan.
Sales “Convert More Traffic As Much As We Can” tugasnya sebanyak-banyaknya membuat konsumen membeli atau memakai produk atau jasa.
Brand “Retain More Traffic As Much As We Can” tugasnya sebanyak-banyaknya membuat konsumen tertarik untuk kembali lagi.
Courses you might be interested in
-
4 Lessons
-
4 Lessons
-
5 Lessons
-
8 Lessons